'/> Arti, Definisi & Pengertian Komputer Berdasarkan Para Ahli -->

Info Populer 2022

Arti, Definisi & Pengertian Komputer Berdasarkan Para Ahli

Arti, Definisi & Pengertian Komputer Berdasarkan Para Ahli
Arti, Definisi & Pengertian Komputer Berdasarkan Para Ahli
Uraian lengkap perihal definisi atau pengertian komputer berdasarkan para ahli, berdasarkan wikipedia dan arti komputer secara umum.

Sebelum ke pokok pembahasan, untuk mempercantik tampilan desktop (background) PC anda jangan lupa untuk mengunduh Wallpaper Windows 8 terbaru, gratis pastinya.  :)

Kembali ke topik utama, bagi anda yang ingin sekedar mengetahui atau untuk dijadikan materi dalam pembuatan makalah, skripsi, atau untuk keperluan lainnya, berikut kami jelaskan secara lengkap mengenai apa itu komputer?
 berdasarkan wikipedia dan arti komputer secara umum Arti, Definisi & Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

PENGERTIAN KOMPUTER MENURUT WIKIPEDIA

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini lalu dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan isu hampir langsung bekerjasama dengan problem aritmatika, tetapi komputer modern digunakan untuk banyak kiprah yang tidak bekerjasama dengan matematika.

Dalam arti menyerupai itu terdapat alat menyerupai slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, hingga semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas menyerupai "komputer" yaitu "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut kini disebut disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" lalu menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja perempuan Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, banyak sekali alat mesin sederhana menyerupai slide rule juga sudah sanggup dikatakan sebagai komputer.


DEFINISI KOMPUTER MENURUT BEBERAPA PARA AHLI

Komputer berasal dari bahasa latin 'computare' yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer.

Komputer yaitu mesin penghitung elektronik yang cepat dan sanggup mendapatkan isu input digital, lalu memprosesnya sesuai dengan jadwal yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa isu (McGraw-Hill, 2001).

Beberapa definisi komputer berdasarkan beberapa buku komputer yaitu sebagai berikut :

1. Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) :
Komputer yaitu sebagai suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa kiprah sebagai berikut :
  • Menerima input
  • Memproses input tersebut sesuai dengan programnya
  • Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi

2. Menurut buku Computer Today (Donlad H. Sanders) :
Komputer yaitu sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan sempurna serta dirancang dan diorganisasikan semoga secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi jadwal yang tersimpan di memori (stored program).

Dari banyak sekali pendapat di atas, maka sanggup disimpulkan secara umum bahwa komputer merupakan suatu peralatan elektronik yang sanggup mendapatkan input, mengolah input dengan memakai suatu jadwal yang tersimpan di memori komputer, memperlihatkan output yang berupa isu dan sanggup menyimpan jadwal serta hasil pengolahan dalam suatu media penyimpanan.

Sekian ulasan lengkap perihal apa itu jaringan komputer atau definisi & pengertian komputer berdasarkan para ahli yang kami kutip dari banyak sekali sumber. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita khususnya dibidang teknologi informasi.

Artikel terkait: pengertian internet, sejarah internet di Indonesia dan sejarah internet di dunia.
Advertisement

Iklan Sidebar