'/> Cara Gampang Menciptakan Share Link Google Drive : Komplit -->

Info Populer 2022

Cara Gampang Menciptakan Share Link Google Drive : Komplit

Cara Gampang Menciptakan Share Link Google Drive : Komplit
Cara Gampang Menciptakan Share Link Google Drive : Komplit
Google drive sama halnya menyerupai dropbox, merupakan aplikasi milik google yang berfungsi untuk menyimpan file secara online, sehingga file tersebut selain kondusif juga sanggup diakses dimanapun dan kapanpun melalui jaringan internet.

Google drive menjadi salah satu pilihan untuk menyimpan file secara online di internet alasannya ialah google drive selain gratis juga memperlihatkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, yaitu sekitar 15 Gigabyite dan sanggup ditambah lagi dengan cara menjadi pengguna premium.

 merupakan aplikasi milik google yang berfungsi untuk menyimpan file secara online Cara Praktis menciptakan share link google drive : komplit
Selain itu susukan dan cara memakai google drive terbilang cukup gampang, syaratnya hanya perlu menciptakan akun email google saja,setiap email google secara otomatis akan pribadi mempunyai penyimpanan google drive yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan file anda.

Selain utnuk menyimpan file / dokumen, google drive juga dikompliti dengan fitur sharing data, dengan fitur ini pengguna email google akan ludang keringh praktis share atau membagikan link file yang mereka miliki kepada pengguna google drive lainnya, bahkan pengguna juga sanggup menciptakan direct link download yang cukup berguna untuk menyediakan download file pribadi yang tersimpan di google drive.

Ada berbagai fitur yang sudah disiapkan oleh google drive yang siap digunakan, namun di artikel kali ini saya hanya akan membahas bagaimana cara praktis menciptakan share link file yang tersimpan di google drive.

Cara Praktis menciptakan share link google drive

Ada 2 cara yang sanggup kita gunakan untuk menyajikan share link google drive, cara pertama yaitu dengan menyajikan share link google drive default, dan cara kedua dengan cara menyajikan direct link download (link pribadi download).

Perbedaan keduanya terletak pada prosesnya kerjanya saja, jikalau yang dibentuk ialah share link google drive default, maka file tersebut hanya sanggup diperoleh oleh orang lain yang sama-sama harus mempunyai akun google drive.


Sedangkan jikalau share link google drive yang disajikan dalam bentuk direct link download, file yang terdapat di google drive sanggup pribadi didownload oleh siapapun pengguna internet tanpa harus login ke palikasi google drive miliknya.

Cara #1 : Membuat share link google drive Default

Sharelink google drive default merupakan share link yang disajikan oleh google drive tanpa modifikasi, share link jenis ini jikalau diklik anda akan pribadi masuk ke halaman google drive dimana lokasi file/dokumen yang dishare tersimpan, namun untuk mengaksesnya anda harus sudah mempunyai akun google drive dan sudah login dengan memakai email gmail anda.

Cara menciptakan share link google drive biasa langkah-langkahnya ialah sebagai diberikut:

1. Silahkan buka alamat drive.google.com.

2. Lalu silahkan anda login memakai email gmail yang anda miliki dan juga passwordnya.

3. Lalu buat folder baru, jikalau file yang ingin anda share belum dimasukan
Jika file yang akan anda share belum dimasukan ke google drive, sebaiknya buat folder khusus untuk file-file yang akan anda share tersebut.

Caranya :

a. Pada halaman google drive anda, silahkan klik tombol New / Baru  > Pilih Folder di pojok kiri atas


Folder dipakai supaya anda sanggup ludang keringh praktis mengelola file-file atau folder yang ingin anda share melalui google drive, diberi nama saja share folder atau nama apa saja sesuai dengan yang anda inginkan.

b. Selanjutnya silahkan double-click folder yang gres anda buat tersebut untuk membukanya, kemudian silahkan anda upload atau pindahkan file-file dari komputer anda ke google drive supaya sanggup dishare secara online.

Cara mengupload file ke folder google drive tersebut cukup gampang:
  • Drag saja dari komputer anda ke google drive langsung
  • Atau dengan cara  klik kanan di halaman folder yang sudah terbuka tersebut, kemudian pilih hidangan Upload files

Lagkah di atas hanya untuk anda dimanf file atau dokumen yang anda ingin share belum diupload.

4. Sedangkan jikalau file yang ingin anda share sudah ada di google drive, maka untuk melaksanakan share caranya klik kanan pada file, folder atau dokumen yang ingin anda buat share linknya, kemudian pilih menu  Get sharable link menyerupai gambar di bawah ini:


Maka akan muncul dialog yang diberisi sebuah URL yang sanggup anda jadikan link untuk dishare menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:

Silahkan Copykan URL tersebut untuk anda share kepada teman, atapau orang yang berkepentingan dengan file tersebut.

URL Tersebut sanggup anda share di facebook, twitter, whats app dan media umum lainnya, anda juga sanggup merubah URL tersebut menjadi sebuah link memakai isyarat HTML yang sanggup diklik dengan kalimat yang anda inginkan dan sanggup anda letakan di halaman blog atau situs.

Silahkan baca: Cara menciptakan link di halaman blog


Demo share link google drive ialah sebagai diberikut:
Contoh link share google drive
Silahkan coba klik link tersebut, maka anda akan dibawa ke halaman google drive untuk melihat dan juga menyimpan file yang dishare oleh link tersebut.

Cara Memperpendek URL Share Link Google drive

Kelemahan share link dari google drive ialah url link tersebut terlalu panjang dan susah dihapal alasannya ialah memakai isyarat acak.

Oleh alasannya ialah itu supaya url link tersebut ludang keringh praktis untuk dibaca oleh orang lain, maka anda sanggup memperpendek link google drive tersebut dengan tunjangan tool-tool url shortener gratis yang banyak tersedia.

Untuk demo saya akan coba memakai tool memperpendek url situs yaitu gg.gg, langkah-langkahnya ialah sebagai diberikut:

1. Buka situs gg.gg

2. Kopikan URL share link dari google drive pada text yang disediakan.  terlihat menyerupai gambar di bawah ini:

Silahkan centang customize link, kemudian masukan label untuk nama pendek link tersebut. menyerupai pola di atas saya masukan sample, sehingga linknya akan menjadi
http://gg.gg/sample
Dengan url shortener, url link share google drive yang tadinya panjang menjadi ludang keringh praktis dibaca , jadi ludang keringh praktis disebutkan dan juga diingat.

3. Setelah itu silahkan tekan tombol Shorten URL, maka memperpendek link pun selesai.

Selanjutnya anda sanggup membagikan link anda dengan alamat http://gg.gg/sample, bagaimana menjadi ludang keringh pendek dan praktis diingat bukan!.

Cara #2 : Membuat Sharelink dengan tipe Direct Link

Sharelink dengan tipe direct link ialah link jikalau diklik anda akan pribadi melaksanakan download dari google drive secara langsung, sharelink jenis ini sanggup diakses oleh siapapun walupun user tidak mempunyai akun google drive.

Cara untuk menciptakan link direct download caranya cukup gampang, anda tinggal memodifikasi format url sharelink yang sudah anda dapatkan dari sharelink google drive anda dengan format khusus.

Sebagai contoh, link google drive misalkan:
https://drive.google.com/open?id=0ByKWm8pn7ijnLXhHamdzTC1lRlk
Maka supaya url di atas sanggup menjadi url link direct download (langsung melaksanakan download kadab diklik), maka anda sanggup memodifikasinya menjadi:
https://docs.google.com/uc?export=download&id=ID

ID sanggup diganti menjadi ID google drive anda, misal jikalau memakai ID drive saya akan menjadi:
 https://docs.google.com/uc?export=download&id=0ByKWm8pn7ijnLXhHamdzTC1lRlk

Url tersebut sanggup anda share di facebook, twitter, kaskus, dan media umum lainya, anda juga sanggup meletakan link dengan url tersebut di halaman blog anda.

Untuk demo anda sanggup klik link driect download diberikut, kemudian lihat hasilnya:
 Contoh link direct download

Jika link tersebut anda klik, seharusnya akan melaksanakan download otomatis.


Demikian artikel mengenai bagaimana cara Praktis menciptakan share link dari google drive, semoga berkhasiat.
Advertisement

Iklan Sidebar