'/> Memahami Pengertian Massa Atom Dan Berat Atom -->

Info Populer 2022

Memahami Pengertian Massa Atom Dan Berat Atom

Memahami Pengertian Massa Atom Dan Berat Atom
Memahami Pengertian Massa Atom Dan Berat Atom
Dalam klarifikasi definisi kali ini, kita akan mencoba memahami definisi massa atom dari rujukan ilmiah yang terpercaya.

Apa itu massa atom ?

Massa atom ialah massa total proton, neutron, dan elektron dalam elemen tertentu, umumnya dinyatakan dalam satuan atomic mass unit. Simbol untuk menyatakan satuan  atomic mass unit sering dilambangkan dengan AMU atau amu.

Lembaga yang berjulukan International Union of Pure dan Applied Chemistry (IUPAC) telah mendefinisikan satu  atomic mass unit (AMU)  adalah 1/12 dari massa  atom carbon-12 (C-12). Dalam inti atom C-12 mengandung. enam proton dan enam neutron

Cara menghitung massa atom ?

Untuk menghitung massa atom dari sebuah elemen, massa semua isotop harus diperhitungkan. Oleh alasannya ialah itu massa atom ialah sebuah massa rata-rata. Untuk mendapat massa rata-rata ini, persentase isotop yang diketahui dari sebuah elemen bersama dengan massa masing-masing harus dijumlahkan dan dirata-ratakan ke bawah. Massa sebuah elektron sangatlah kecil sehingga sanggup diabaikan dan tidak dimasukkan ke dalam perhitungan.

Apa itu berat atom ?

Definisi berat atom tidak sama dengan massa atom, sehingga terkadang banyak yang memakai istilah berat atom untuk massa atom, begitupun yang seharusnya massa atom dipakai istilah berat atom.

Berat atom sering disebut juga juga disebut massa atom relatif. Berat atom ialah massa rata-rata semua isotop dari jenis tertentu. Ini ialah rata-rata tertimbang yang memperhitungkan kelimpahan semua isotop yang berbeda.

Apa itu nomor massa atom ?

Nomor massa atom (A) menyatakan jumlah proton dan neutron di dalam inti atom, sedangkan nomor atom (Z) menyatakan jumlah proton di dalam inti atom. Nomor atom juga menyatakan jumlah elektron yang beredar mengelilingi inti atom.

Referensi
1. https://www.reference.com/science/atomic-mass-b1e61d52c1c7c9ba#
2. https://www.britannica.com/science/atomic-weight.
3. http://www.wikihow.com/Calculate-Atomic-Mass
Advertisement

Iklan Sidebar