'/> Cara Menghitung Pekan Efektif Dan Pekan Tidak Efektif -->

Info Populer 2022

Cara Menghitung Pekan Efektif Dan Pekan Tidak Efektif

Cara Menghitung Pekan Efektif Dan Pekan Tidak Efektif
Cara Menghitung Pekan Efektif Dan Pekan Tidak Efektif


Sebentar lagi memasuki tahun anutan gres 2018/2019 terasa begitu cepat waktu demi waktu berlalu, mudah-mudahan para pendidik selalu diberi kesehatan dan keberkahan dalam hidup. 

Semua perangkat pembelajaran menjelang tahun anutan gres harus segera disesuaian dengan kiprah masing-masing pendidik, jikalau masih mengampu bahan dan kelas yang sama mungkin tidak banyak yang berubah perangkat pemebelajaran yang dimiliki ya sedikit mengedit tahun anutan baru. 

Namun bagi guru yang mengampu bahan yang berbeda dengan tahun anutan sebelumnya maka inilah saatnya untuk kembali berguru menyiapkan perangkat-perangkat pembelajarannya.


Namun sebelum menyusun silabus dan RPP wajib bagi guru mengetahui distribusi pekan efektif dan pekan tidak efektif dalam satu smester, hal ini penting untuk mengetahui berapa jumlah pertemuan yang akan di lakukan dengan murid, serta pencaian bahan yang harus di sampaikan dalam satu smester.

Lalu bagaimana cara menghitung pekan efektif dan pekan tidak efektif?





perangkat uatama yang perlu disiapkan ialah :

1. Kalender Tahun masehi 2018
2. Kalender pendidikan dari dinas pendidikan atau kalender pendidikan sekolah

Sekarang kita tentukan dulu banyaknya pekan. Lihatlah dalam setahun ada berapa pekan. Lihat dulu setiap bulan. Pekan diawali dari Senin dan berakhir hari Sabtu. 

Satu bulan dianggap memiliki 4 pekan apabila ada 4 hari senin. Dianggap 5 pekan jikalau ada 5 hari senin.

Bagaimana jikalau pekan terakhir hanya terdiri dari dua hari. Senin dan Selasa saja. Maka berlaku hukum hari tersebut masuk ke pekan pertama bulan berikutnya.

Kemudian, sesudah mengetahui jumlah pekan setiap bulannya saatnya menghitung pekan efektif dan pekan tidak efektif.

Pekan efektif ialah pekan dimana proses berguru mengajar berlangsung. Sedangkan pekan tidak efektif ialah dimana proses berguru mengajar tidak sanggup dilaksanakan.

Untuk mengetahui pekan dimana tidak sanggup melakukan proses berguru mengajar, cek kalender pendidikan. Pekan tidak efektif tersebut antara lain libur semester, libur hari raya, libur puasa, dan pelaksanaan ujian nasional.

Pekan efektif diperoleh dari jumlah pekan tiap bulan dikurangi pekan tidak efektif pada bulan tersebut, gampang bukan?? dalam memilih pekan efektif dan pekan tidak efektif kerjakanlah tolong-menolong guru dalam sekolah sehingga ada kesamaan dalam pelaksanaannya.

Pada prinsipnya guru ialah pendidik dan pendidik ialah pembelajar, mari tolong-menolong tingkatkan kuwalitas profesionalisme kita sebagai pendidik. terus berguru dan terus berkarya serta berbakti untuk negeri, agar hidup kita selalu diberkahi. Aamiin

Advertisement

Iklan Sidebar