'/> Laporan Bulanan Pendamping Sosial Aktivitas Keluarga Keinginan (Pkh) -->

Info Populer 2022

Laporan Bulanan Pendamping Sosial Aktivitas Keluarga Keinginan (Pkh)

Laporan Bulanan Pendamping Sosial Aktivitas Keluarga Keinginan (Pkh)
Laporan Bulanan Pendamping Sosial Aktivitas Keluarga Keinginan (Pkh)


Sahabat yang saya banggakan, sebuah kebahagiaan tersendiri menjadi Pendamping Sosial di Kemensos. Program yang dirumuskan semenjak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini masih tetap di lanjutkan hingga pada pemerintahan Presiden Joko Widodo, bahkan di tahun ini jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kuotanya ditambah. Sebuah bukti bahwa agenda ini sangat bermanfaat dan sempurna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.


Menjadi pendamping sosial yaitu kiprah mulia, dekat dengan keluarga kurang bisa yang sangat membutuhkan sumbangan sosial, di dikala itulah kami menjadi lebih bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT anugrahkan, ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang hidup penuh dengan keprihatinan dan jauh dari kata sejahtera, rumah yang sangat sederhana, pakaian yang lusuh dan raut wajah yang menyimpan sejuta rasa kesedihan, hadirnya kami terkadang menjadi sebuah impian tersendiri buat mereka. 

Sebagai pendamping sosial, selain menyalurkan sumbangan pribadi non tunai harus bisa mengedukasi KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bahwa yang tersulit bukanlah untuk mendapatkan bantuannya, tapi bagaimana KPM bisa keluar dari agenda ini dan menjadi keluarga sejahtera sehingga tidak perlu lagi mendapatkan bantuan.

Sebaliknya hati kami miris melihat mental rakyat indonesia yang dekat dengan kata-kata kurang bisa dan miskin, jiwa masyarakat Indonesia perlu lebih di tempa lagi, nyatanya banyak keluarga sejahtera tapi mentalnya miskin, iya mentalnya MISKIN. Dengan memanfaatkan sanak family yang bertugas sebagai abdnegara kampung, dengan tidak malu-malu mereka terdaftar sebagai KPM. nah disinilah kiprah sebagai pendamping untuk mengedukasi dan mengalihkan haknya kepada yang lebih berhak menerimanya. 

Sahabat selain tugas-tugas diatas pendamping sosial juga diharuskan mendokumentasikan semua acara yang dilakukakan sebagai materi laporan bulanan, sebab hal ini merupakan kewajiban pendamping sosial untuk mendapatkan haknya di tamat bulan. Untuk pendamping gres rujukan laporan bulanan ini Insya Allah bermanfaat, ada beberpan point yang harus ada dalam Laporan Bulanan.

1. Halaman Sampul
2. Lembar Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Data Wilayah Dampingan
6. BAB I 
    Pendahuluan
    Latar Belakang
7. BAB II
    Realisasi Kegiatan Bulan Berjalan
    Pelaksanaan Kegiatan
    Progres Capaian
8. BAB III
    Kendala dan Langkah Penyelesaian
9. BAB IV
    Rencana Kegiatan Bulan Berikutnya
10. BAB V
      Kesimpulan dan Saran
11. Lampiran-lampiran
      Daftar Hadir Pendamping
      Formulir Cek list Kegiatan
      Foto Dokumentasi kegiatan

Untuk lebih jelasnya kawan-kawan pendamping bisa pribadi mengambil file dalam format Microsoft Office DISINI





Advertisement

Iklan Sidebar